Inilah Beberapa Manfaat Sawah Bagi Kehidupan Petani dan Manusia

Manfaat sawah Bagi Kehidupan Petani dan Manusia - Sawah merupakan salah satu jenis lahan pertanian yang berfungsi untuk menanam padi. Sawah yang baik akan menghasilkan hasil panen yang baik. Akan tetapi yang paling penting adalah bibit dan perawatannya. Sebenarnya menanam padi tidak hanya dilakukan disawah saja, tetapi dapat juga dilakukan di darat. Namun bagi petani yang umumnya berada pada lingkungan pedesaan atau daerah transmigrasi, maka menanam padi sawah menjadi pilihan yang tepat dalam bercocok tanam padi.
Manfaat Sawah Bagi Kehidupan Petani dan Manusia
Manfaat sawah ini sangat penting sekali bagi kehidupan para petani dan juga bagi manusia lainnya. Kenapa saya bilang manfaat sawah ini sangat penting? Karena dengan adanya sawah ini petani bisa menanam padi untuk kepentingan pribadi dan banyak orang. Bayangkan saja jika tidak ada petani yang menanam padi, beras tentu tidak dapat dikonsumsi oleh masyarakat umum. Masyarakat perkotaan juga membutuhkan beras untuk bahan pokok pangan. 
Manfaat Sawah Bagi Kehidupan Petani dan Manusia

Selain bermanfaat untuk menanam padi, ternyata manfaat sawah ini juga berguna untuk hal lainnya, seperti ;
  1. Menghasilkan bahan pangan - Manfaat sawah yang pertama yaitu dapat menghasilkan bahan pangan yaitu beras. Beras adalah bahan pangan pokok yang umum digunakan oleh masyarakat seluruh indonesia bahkan mancanegara. Dengan adanya sawah ini maka para petani dapat membudidayakan padi yang menghasilkan beras sebagai bahan pokok pangan.
  2. Dapat menjadi lahan kerja dalam bidang pertanian - Manfaat sawah yang kedua yaitu menghasilkan tenaga kerja bagi masyarakat. Karena dengan adanya sawah dan petani yang menanam padi, maka lapangan kerja jadi bertambah, sebagai contohnya yaitu misalkan seorang petani akan menggarap sawah, maka dia membutuhkan orang untuk membantu mengerjakannya dengan memberikan upah. Ini merupakan salah satu contoh manfaat adanya sawah tersebut.
  3. Mempertahankan budaya tradisional dan kerakyatan bangsa - Sawah merupakan lahan tempat para petani bercocok tanam dari sejak dulu hingga sekarang dan sudah membudaya. Jadi masyarakat pedesaan yang mempergunakan sawah berarti mereka sudah mempertahankan budaya tradisional.
  4. Sebagai tempat untuk menumbuhkan sifat gotong royong antar warga - Sudah jelas bahwa dengan adanya sawah ini dapat menumbuhkan sifat gotong royong antar warga. Saling membantu dalam proses pengolahan sawah secara bergantian.
  5. Sebagai sumber pendapatan masyarakat - Sumber pendapatan para petani padi adalah berasal dari sawah ini. Jadi tanpa adanya sawah ini maka pendapatan mereka jadi susah untuk didapatkan.
  6. Berguna sebagai sirkulasi air, khususnya pada musim kemarau - Dengan adanya sawah ini maka sirkulasi air dapat terkendali. Parit-parit akan hidup dan air akan terus mengalir selama ada petani yang menanam padi sawah.
  7. Meminimalisir terjadinya banjir - Dengan adanya sawah ini juga dapat mengurangi potensi banjir.
Itulah Beberapa Manfaat Sawah Bagi Kehidupan Petani dan Manusia. Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda semua.

3 Responses to "Inilah Beberapa Manfaat Sawah Bagi Kehidupan Petani dan Manusia"

  1. Artikel yang bagus...
    Semoga petani Indonesia segera beralih ke sistem pertanian organik. Jangan sampai negara kita dibanjiri oleh produk Beras Organik yang berasal dari negara2 tetangga seperti Thailand, Vietnam, India, Jepang dll. Padahal kalau dilihat secara kualitas dan rasa, produk dalam negeri tidak kalah bahkan lebih baik.

    ReplyDelete
  2. Kunjungi laman saya juga, klo tentang sawah sih menurut ane, penting emg penting, yg lebih penting lg mempertahankannya sbg lahan produktif pertanian, namun kenyataannnya sekarang sawah justru dialihfungsikan mnjadi lahan usaha komersil nonpertanian. Itu masalah krusial kita sekarang.

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul tu..ya semoga aja para petani kita masih banyak yang tetap mempertahankan sawah sbgai lahan produktif pertanian

      Delete