Efek Samping Makan Buah Cempedak Bagi Ibu Hamil

Efek Samping Makan Buah Cempedak Bagi Ibu Hamil - Buah cempedak merupakan buah yang masih satu keluarga dengan buah nangka. Buah cempedak ini sangatlah lezat dan menggugah selera bagi yang melihatnya. Bagaimana tidak, aroma khas yang harum mirip buah durian ini memanjakan lidah para penggemarnya. Buah cempedak ini memiliki banyak manfaat dan khasiat bagi kesehatan. Apa saja manfaat dari buah cempedak ini untuk kesehatan, silahkan baca manfaat buah cempedak untuk kesehatan. Dengan rasa yang nikmat, penuh manfaat dan khasiat, namun ada efek samping yang akan merugikan apabila tidak diperhatikan dengan baik. 

Buah cempedak ini tidak boleh dikonsumsi secara berlebihan karena dapat menyebabkan perut kembung yang disebabkan oleh unsur gas yang dimilikinya. Terutama bagi ibu hamil, disarankan untuk tidak mengkonsumsinya secara berlebihan. Kalau ada yang bertanya boleh tidak wanita hamil makan buah cempedak ? Kalau saya bilang sih boleh-boleh saja asalkan sedikit atau sekedarnya saja dan jangan berlebihan, karena jika terlalu banyak atau berlebihan memakan buah cempedak ini dapat menimbulkan efek buruk bagi janin yang dikandungnya. Kenapa ada efek samping yang buruk? Hal itu dikarenakan dalam buah cempedak memiliki unsur panas dan gas sama halnya seperti buah durian, jika banyak dikonsumsi maka perut akan terasa panas, apalagi bagi wanita yang sedang mengandung.

Efek Samping Makan Buah Cempedak Bagi Ibu Hamil

Adapun Efek Samping Makan Buah Cempedak Bagi Ibu Hamil


1. Perut Kembung

Efek Samping Makan Buah Cempedak Bagi Ibu Hamil yang pertama adalah dapat membuat perut kembung. Sebagaimana saya jelaskan diatas bahwa buah cempedak memiliki kandungan gas yang dapat menyebabkan perut kembung jika terlalu banyak mengkonsumsinya. Jadi bagi ibu hamil agar tidak terlalu banyak memakannya atau kalau bisa dihindari saja.

2. Dapat Meningkatkan Asam Lambung

Efek Samping Makan Buah Cempedak Bagi Ibu Hamil yang kedua adalah dapat meningkatkan asam lambung. Sudah sangat jelas bahwa perut kembung akibat makan buah cempedak akan beresiko terkena asam lambung menjadi meningkat. Perut akan terasa perih dan mual yang justru dapat beresiko buruk bagi ibu yang sedang hamil.

3. Menyebabkan Kontraksi Dini

Efek Samping Makan Buah Cempedak Bagi Ibu Hamil yang ketiga adalah dapat menyebabkan kontraksi dini sehingga jika terlalu parah dapat mengakibatkan keguguran kandungan. Hal itu dikarenakan suhu dalam perut dan rahim menjadi panas akibat terlalu banyak makan buah cempedak. Jadi sebaiknya kurangi atau dihindari saja.

4. Meningkatkan suhu pada janin

Efek Samping Makan Buah Cempedak Bagi Ibu Hamil yang keempat adalah dapat membuat suhu pada janin menjadi meningkat sehingga beresiko pada perkembangan janin. Bisa janin lahir prematur, keguguran, dan sebagainya.

Jadi kesimpulannya adalah bahwa mengkonsumsi buah cempedak bagi ibu hamil adalah boleh asalkan memakannya tidak terlalu banyak dan berlebihan, cukup satu atau dua biji saja. Karena jika berlebihan akan berakibat buruk pada pertumbuhan dan perkembangan janin. Mudah-mudahan artikel singkat tentang Efek Samping Makan Buah Cempedak Bagi Ibu Hamil ini bermanfaat bagi anda semua.

0 Response to "Efek Samping Makan Buah Cempedak Bagi Ibu Hamil"

Post a Comment