Pengertian Sawah Beserta Macam-Macam Sawah

Pengertian Sawah Beserta Macam-Macam Sawah - Pengertian sawah secara umum adalah lahan pertanian yang digarap untuk menanam padi menggunakan sistem pengairan. Sedangkan pengertian sawah yang lain seperti dikutip dari wikipedia mendefenisikan bahwa Sawah adalah tanah yang digarap dan diairi untuk tempat menanam padi. Untuk keperluan ini, sawah harus mampu menyangga genangan air karena padi memerlukan penggenangan pada periode tertentu dalam pertumbuhannya. Untuk mengairi sawah digunakan sistem irigasi dari mata air, sungai atau air hujan.
Pengertian Sawah Beserta Macam-Macam Sawah
Pengertian Sawah Beserta Macam-Macam Sawah
Sawah memang banyak memiliki manfaat bagi manusia dan juga para petani. Untuk mengetahui apa saja manfaat sawah silahkan baca  Manfaat Sawah Bagi Kehidupan Petani dan Manusia. Dalam kaitannya dengan manfaat sawah ini, ada beberapa hal yang harus kita pahami juga, yakni tentang macam-macam sawah. Mungkin sebelumnya anda hanya mengetahui sawah itu cuma satu dan tidak tahu tentang macam-macamnya. Nah disini anda akan mengetahui bahwa sawah ini memiliki banyak macam. Setelah anda tahu pengertian sawah, maka akan saya uraikan juga macam-macam sawah yang harus anda ketahui.

Adapun macam-macam sawah bisa anda baca dibawah ini :

1. Sawah Irigasi

Sawah irigasi adalah sawah yang sistem pengairannya dilakukan secara teratur dan tidak bergantung kepada curah hujan. Sistem pengairan sawah ini dilakukan menggunakan sistem irigasi yang sumber airnya berasal dari waduk atau bendungan. Sistem pertanian sawah irigasi ini sangat bagus karena tidak bergantung pada musim hujan saja. Selama waduk dan bendungan irigasi hidup, maka pengairan sawah akan terus berjalan.

2. Sawah Tadah Hujan

Sawah tadah hujan adalah sistem pengairan sawah berdasarkan curah hujan atau berdasarkan musim penghujan saja. Sistem sawah tadah hujan sangat bergantung pada musim hujan, jadi proses pertanian hanya dapat dilakukan ketika musim penghujan saja.

3. Sawah Lebak

Sawah lebak adalah sawah yang berada dikanan dan kiri sungai-sungai besar. Jenis sawah ini jarang sekali karena mengingat resiko yang sangat rentan terhadap banjir. Para petani sudah jarang memanfaatkan sistem sawah lebak ini sebagai lahan pertanian padi. Mereka kebanyakan mengalihfungsikan sawah lebak menjadi lahan perkebunan seperti sawit.

4. Sawah Bencah

Sawah bencah adalah sistem pertanian lahan basah yang dilakukan di daerah rawa-rawa yang telah di keringkan atau dimuara sungai besar.

Itulah beberapa Pengertian Sawah Beserta Macam-Macam Sawah yang dapat saya bagikan kepada anda. Mudah-mudahan bermanfaat.


0 Response to "Pengertian Sawah Beserta Macam-Macam Sawah"

Post a Comment