Inilah Cara Bergaul Dalam Rumah Tangga Menurut Al-Qur'an

Cara Bergaul Dalam Rumah Tangga Menurut Al-Qur'an

Cara Bergaul Dalam Rumah Tangga Menurut Al-Qur'an - Setiap makhluk hidup didunia ini diciptakan memiliki pasangan masing-masing. Manusia adalah makhluk yang mulia yang Allah ciptakan dengan pasangan dari jenisnya sendiri. Dalam kehidupan rumah tangga, tentu ada tatanan dan kaidah yang harus dilakukan agar rumah tangga menjadi rumah tangga yang sakinah, mawaddah dan warahmah. Dalam islam ditegaskan, bahwa Allah SWT berfirman  dalam surat Ar-Rum ayat 21 :
وَمِنۡ ءَايَـٰتِهِۦۤ أَنۡ خَلَقَ لَكُم مِّنۡ أَنفُسِكُمۡ أَزۡوَٲجً۬ا لِّتَسۡكُنُوٓاْ إِلَيۡهَا وَجَعَلَ بَيۡنَڪُم مَّوَدَّةً۬ وَرَحۡمَةً‌ۚ إِنَّ فِى ذَٲلِكَ لَأَيَـٰتٍ۬ لِّقَوۡمٍ۬ يَتَفَكَّرُونَ (٢١)

Artinya : " Dan di antara tanda-tanda kekuasaan-Nya ialah, Dia menciptakan untukmu isteri-isteri dari jenismu sendiri, supaya kamu cenderung dan merasa tenteram kepadanya. Dan dijadikan-Nya di antaramu rasa kasih dan sayang. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda bagi kaum yang berpikir." ( Q.S Ar-Rum 30 : (21)

Seorang istri diciptakan tidak hanya dijadikan objek kesenangan dan penyaluran kebutuhan seks belaka. Begitu juga dengan suami, tidak hanya sebagai pekerja membanting tulang mencari rezeki untuk sang istri semata. Namun, Sebenarnya diantara suami dan istri telah terjadi suatu ikatan yang suci, baik lahir maupun bathin. Tali kasih sayang ini menyangkut mawaddah dan mahabbah yang maknanya kasih sayang dan kecintaan. Dalam hal ini seharusnya sepasang suami istri selalu menjaga agar kasih sayang dan cinta tetap menyelimuti keduanya baik suka maupun duka. Nilai-nilai yang penuh teladan, serta perbuatan-perbuatan yang mendatangkan rasa cinta dan kasih sayang, lemah lembut, dan saling mendekatkan diri diantara keduanya dengan ucapan yang baik yang penuh keromantisan, serta perasaan-perasaan halus lainnya.

Jika hal itu dilakukan dengan tulus, maka akan menciptakan suasana rumah tangga yang tenang dan damai, rasa tentram dan jiwa yang penuh kasih sayang. Cara ini telah diterapkan oleh Rasulullah SAW dalam berumah tangga. Coba kita berpedoman pada rumah tangga Rasulullah SAW, maka rumah tangga yang kita jalani akan senantiasa damai dan abadi. Dalam ayat diatas sudah sangat jelas sekali bahwa Allah telah menciptakan pasangan hidup kita sesuai dengan ketentuan Nya.

Agar keharmonisan rumah tangga tetap terjaga dan bahagia selamanya, maka cara bergaul dalam rumah tangga harus sesuai dengan ajaran Al-Qur'an dan sunnah. Rasa kasih sayang antara suami dan istri harus tetap dipertahankan apapun kondisinya. Satu lagi prinsip agar rumah tangga selalu bahagia adalah diantara suami dan istri harus ada pengertian dan saling menghargai. Intinya jika kita mau mengikuti ajaran Al-Qur'an dan sunnah, maka pergaulan hidup dalam rumah tangga akan bahagia.

Semoga bermanfaat.

0 Response to "Inilah Cara Bergaul Dalam Rumah Tangga Menurut Al-Qur'an"

Post a Comment