Hukum Shalat Tarawih Yang Perlu Anda Ketahui

Hukum Shalat Tarawih Pada Bulan Ramadhan adalah Sunah Muakad atau Sangat Dianjurkan dan hampir mendekati wajib. Tapi jika tidak dikerjakan juga tidak berdosa, kecuali shalat fardhu, jika ditinggalkan akan mendapat dosa. Namun meskipun begitu ibadah shalat tarawih merupakan ibadah yang pahalanya besar bila kita laksanakan dengan hati yang ikhlas. Para ulama juga berpendapat bahwa hukum shalat tarawih adalah sunah ( dianjurkan ).

Hukum Shalat Tarawih


Sebagaimana dijelaskan dalam ensiklopedia fiqih islam dibawah ini :

أجمع المسلمون على سنية قيام ليالي رمضان، وقد ذكر النووي أن المراد بقيام رمضان صلاة التراويح


Yang artinya : " Kaum muslimin sepakat tentang hukum anjuran untuk qiyam malam ramadhan. dan an-Nawawi telah menyebutkan bahwa yang dimaksud qiyam ramadhan adalah shalat tarawih." (al-Mausu’ah al-Fiqhiyah al-Kuwaitiyah, 23/144).

Namun banyak kita jumpai kebiasaan masyarakat kita adalah justru meninggalkan shalat wajib demi melaksanakan shalat sunah. Contohnya saja pada waktu tiba bulan ramadhan, pasti masjid dan mushola akan ramai sekali, dan kebanyakan orang-orang menganggap bahwa hukum shalat tarawih adalah wajib sehingga mereka berbondong-bondong untuk melaksanakannya. Namun justru ibadah shalat wajib yang 5 waktu malah sering ditinggalkan. Ini merupakan suatu kesalahan yang vatal dan harus diperbaiki, karena jika tidak maka orang-orang tersebut akan bodoh selamanya. 

Dari sekian banyak dalil yang telah menunjukkan bahwa hukum shalat tarawih adalah sunah muakad, maka di zaman Rasulullah SAW, shalat tarawih secara berjamaah hanya dikerjakan selama 3 malam.

Sebagaimana diceritakan oleh Sahabat Abu Dzar ra dalam sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Nasai dan Ibnu Majah dibawah ini :

صُمْنَا مَعَ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ رَمَضَانَ، فَلَمْ يَقُمْ بِنَا شَيْئًا مِنْهُ، حَتَّى بَقِيَ سَبْعُ لَيَالٍ، فَقَامَ بِنَا لَيْلَةَ السَّابِعَةِ حَتَّى مَضَى نَحْوٌ مِنْ ثُلُثِ اللَّيْلِ، ثُمَّ كَانَتِ اللَّيْلَةُ السَّادِسَةُ الَّتِي تَلِيهَا، فَلَمْ يَقُمْهَا، حَتَّى كَانَتِ الْخَامِسَةُ الَّتِي تَلِيهَا، ثُمَّ قَامَ بِنَا حَتَّى مَضَى نَحْوٌ مِنْ شَطْرِ اللَّيْلِ، فَقُلْتُ: يَا رَسُولَ اللَّهِ لَوْ نَفَّلْتَنَا بَقِيَّةَ لَيْلَتِنَا هَذِهِ. فَقَالَ: «إِنَّهُ مَنْ قَامَ مَعَ الْإِمَامِ حَتَّى يَنْصَرِفَ، فَإِنَّهُ يَعْدِلُ قِيَامَ لَيْلَةٍ» ثُمَّ كَانَتِ الرَّابِعَةُ الَّتِي تَلِيهَا، فَلَمْ يَقُمْهَا، حَتَّى كَانَتِ الثَّالِثَةُ الَّتِي تَلِيهَا، قَالَ: فَجَمَعَ نِسَاءَهُ وَأَهْلَهُ وَاجْتَمَعَ النَّاسُ، قَالَ: فَقَامَ بِنَا حَتَّى خَشِينَا أَنْ يَفُوتَنَا الْفَلَاحُ، قَالَ: ثُمَّ لَمْ يَقُمْ بِنَا شَيْئًا مِنْ بَقِيَّةِ الشَّهْرِ

Artinya : " Kami berpuasa bersama Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam pada bulan ramadhan. Beliau tidak pernah mengimami shalat malam sama sekali, hingga ramadhan tinggal 7 hari. Pada H-7 beliau mengimami kami shalat malam, hingga berlalu sepertiga malam. Kemudian pada H-6, beliau tidak mengimami kami. Hingga pada malam H-5, beliau mengimami kami shalat malam hingga berlalu setengah malam. Kamipun meminta beliau, ‘Wahai Rasulullah, bagaimana jika kita tambah shalat tarawih hingga akhir malam?’ Kemudian beliau bersabda, ‘Barangsiapa yang shalat tarawih berjamaah bersama imam hingga selesai, maka dia mendapat pahala shalat tahajud semalam suntuk.’ Kemudian H-4, beliau tidak mengimami jamaah tarawih, hingga H-3, beliau kumpulkan semua istrinya dan para sahabat. Kemudian beliau mengimami kami hingga akhir malam, sampai kami khawatir tidak mendapatkan sahur. Selanjutnya, beliau tidak lagi mengimami kami hingga ramadhan berakhir." ( HR. Nasai 1605, Ibn Majah 1327 dan dishahihkan Al-Albani ).

Dari beberapa uraian hadits diatas sudah sangat jelas sekali bahwa Hukum Shalat Tarawih adalah Sunah Muakad atau sangat dianjurkan. Namun faedah shalat tarawih sangatlah besar dan pahala yang didapatkan jika kita melaksanakan ibadah shalat tarawih juga akan besar. Disamping itu kewajiban shalat fardhu juga harus dikerjakan dan tidak boleh ditinggalkan.

Demikian sedikit pemahaman tentang Hukum Shalat Tarawih, mudah-mudahan bermanfaat.

0 Response to "Hukum Shalat Tarawih Yang Perlu Anda Ketahui"

Post a Comment