Ciri dan Karakter Wanita Shalihah

Ciri dan Karakter Wanita Shalihah kali ini akan saya bahas secara singkat dan mendetail. Sebagaimana kita ketahui bahwa manusia memiliki ciri dan karakter berbeda-beda, terutama wanita. Namun pada postingan kali ini saya hanya akan membahas masalah Ciri dan Karakter Wanita Shalihah. Pada dasarnya wanita shalihah memiliki dua ciri utama, yaitu pertama : wanita yang taat kepada Allah SWT dan Rasulnya, dan kedua : wanita yang taat kepada suaminya.

Ciri dan Karakter Wanita Shalihah

Sebagaimana firman Allah SWT dalam Al-Qur'an Surat An-Nisa : 34 


اَلرِّجَالُ قَوَّامُوۡنَ عَلَى النِّسَآءِ بِمَا فَضَّلَ اللّٰهُ بَعۡضَهُمۡ عَلٰى بَعۡضٍ وَّبِمَاۤ اَنۡفَقُوۡا مِنۡ اَمۡوَالِهِمۡ‌ ؕ فَالصّٰلِحٰتُ قٰنِتٰتٌ حٰفِظٰتٌ لِّلۡغَيۡبِ بِمَا حَفِظَ اللّٰهُ‌ ؕ وَالّٰتِىۡ تَخَافُوۡنَ نُشُوۡزَهُنَّ فَعِظُوۡهُنَّ وَاهۡجُرُوۡهُنَّ فِى الۡمَضَاجِعِ وَاضۡرِبُوۡهُنَّ‌ ۚ فَاِنۡ اَطَعۡنَكُمۡ فَلَا تَبۡغُوۡا عَلَيۡهِنَّ سَبِيۡلًا‌ ؕاِنَّ اللّٰهَ كَانَ عَلِيًّا كَبِيۡرًا‏


Artinya : " Kaum laki-laki itu adalah pemimpin bagi kaum wanita, oleh karena Allah telah melebihkan sebahagian mereka [laki-laki] atas sebahagian yang lain [wanita], dan karena mereka [laki-laki] telah menafkahkan sebagian dari harta mereka. Sebab itu maka wanita yang saleh, ialah yang ta’at kepada Allah lagi memelihara diri [1] ketika suaminya tidak ada, oleh karena Allah telah memelihara [mereka] [2]. Wanita-wanita yang kamu khawatirkan nusyuznya [3], maka nasehatilah mereka dan pisahkanlah mereka di tempat tidur mereka, dan pukullah mereka. Kemudian jika mereka menta’atimu, maka janganlah kamu mencari-cari jalan untuk menyusahkannya [4]. Sesungguhnya Allah Maha Tinggi lagi Maha Besar." ( Q.S An-Nisa : 34 )


Ciri dan Karakter Wanita Shalihah


1. Ciri Wanita Shalihah yang taat Kepada Allah SWT dan Rasulnya
Wanita shalihah memiliki karakter yang baik dan selalu menjaga setiap langkahnya. Ketaatannya kepada Allah SWT dan Rasulnya tidak diragukan lagi. Allah SWT berfirman dalam surat Al- Anfal : 20



يٰۤـاَيُّهَا الَّذِيۡنَ اٰمَنُوۡۤا اَطِيۡعُوا اللّٰهَ وَرَسُوۡلَهٗ وَلَا تَوَلَّوۡا عَنۡهُ وَاَنۡـتُمۡ تَسۡمَعُوۡنَ‌ ۖ


Artinya : " Hai orang-orang yang beriman, ta’atlah kepada Allah dan Rasul-Nya, dan janganlah kamu berpaling daripada-Nya, sedang kamu mendengar (perintah-perintah-Nya)." ( Q.S Al-Anfal : 20 )

Dalam ayat tersebut terdapat suatu perintah dari Allah SWT terhadap seluruh hamba-Nya yang beriman secara umum, baik laki-laki maupun perempuan. Adapun bentuk ketaatan seorang wanita shalihah terhadap Allah SWT dan Rasulnya antara lain :

a. Mementingkan rasa kecintaan terhadap Allah dan Rasulnya
Seorang muslimah diperbolehkan mencintai keluarganya, harta bendanya, dan segala sesuatu yang ada didunia secara wajar. Namun kecintaan terhadap itu semua tidak boleh melebihi kecintaannya terhadap Allah SWT dan Rasulnya.

b. Wajib menutup aurat dan tidak memamerkan kecantikannya
Seorang wanita shalihah tidak boleh memamerkan kecantikannya dihadapan manusia lainnya kecuali kepada suaminya. Wanita muslimah wajib menutup auratnya dan menjaga kehormatannya. Dalam hal ini Allah SWT berfirman dalam surat An-Nuur ayat 31 yang artinya :

" Katakanlah kepada wanita yang beriman: "Hendaklah mereka menahan pandangannya, dan memelihara kemaluannya, dan janganlah mereka menampakkan perhiasannya, kecuali yang [biasa] nampak daripadanya. Dan hendaklah mereka menutupkan kain kudung ke dadanya, dan janganlah menampakkan perhiasannya, kecuali kepada suami mereka, atau ayah mereka, atau ayah suami mereka, atau putera-putera mereka, atau putera-putera suami mereka, atau saudara-saudara laki-laki mereka, atau putera-putera saudara laki-laki mereka, atau putera-putera saudara perempuan mereka, atau wanita-wanita Islam, atau budak-budak yang mereka miliki, atau pelayan-pelayan laki-laki yang tidak mempunyai keinginan [terhadap wanita] atau anak-anak yang belum mengerti tentang aurat wanita. Dan janganlah mereka memukulkan kakinya agar diketahui perhiasan yang mereka sembunyikan. Dan bertaubatlah kamu sekalian kepada Allah, hai orang-orang yang beriman supaya kamu beruntung." ( Q.S An-Nuur : 31 )

Adapun pakaian yang wajib dikenakan seorang wanita muslimah harus memenuhi syarat sebagai berikut :
  1. Pakaian itu harus menutup seluruh aurat wanita, tidak terlalu tipis sehingga tidak terbayang bentuk tubuhnya.
  2. Pakaian harus longgar dan tidak ketat, sehingga tidak membentuk lekuk tubuhnya.
  3. Pakaian tidak boleh memiliki aroma yang semerbak, demikian pula dengan tubuhnya karena akan berdampak pada lekaki yang melihat dan didekatnya sehingga menimbulkan syahwat.
  4. Pakaian tidak boleh menyerupai pakaian laki-laki dan tidak boleh menyerupai pakaian orang kafir yang menampilkan kemegahan dan gemerlap perhiasan.
Itulah kriteria dalam memilih pakaian dan tata cara berbusana bagi wanita shalihah.

c. Wanita muslimah tidak boleh berhias dan bertingkah laku seperti wanita jahiliyyah.
Sebagaimana kita ketahui bahwa dizaman jahiliyyah, aturan-aturan dan prilaku seorang wanita tidaklah sama dengan zaman kita sekarang tepatnya sesudah agama islam datang. Jadi seorang wanita muslimah tidak boleh berhias dan bertingkah laku seperti wanita jahiliyyah.

d. Seorang wanita muslimah tidak boleh bepergian sendiri, atau bersama laki-laki yang bukan mahramnya.
e. Seorang wanita muslimah harus selalu berbuat baik kepada orang tuanya.
f. Wanita muslimah tidak boleh berdua-an dengan laki-laki yang bukan mahramnya.

2. Ciri Wanita Shalihah yang Taat Kepada Suami

Kewajiban seorang wanita muslimah yang telah berumah tangga adalah taat kepada suaminya. Setelah taat kepada Allah dan Rasulnya, maka suami lah yang harus ia taati dan patuhi. Namun dalam hal ini perlu saya tekankan bahwa taat pada suami ini juga harus dilihat dari segi kondisi keimanan sang suami. Karena jika si suami melakukan penyimpangan dari ajaran islam dan melakukan kemusrikan terhadap Allah SWT, maka ketaatan sang istri tidak patut diberikan. Taat pada suami disini hanyalah jika sang suami tidak berbuat hal-hal yang berdampak buruk bagi dirinya, keluarganya, orang lain, serta tidak menyimpang dari ajaran islam. 

Rasulullah saw menjanjikan jaminan pahala besar bagi seorang wanita yang taat kepada suaminya.  Dan Rasul juga mengancam bagi wanita yang durhaka kepada suaminya, dan akan mendapat kutukan dari Allah SWT, para malaikat, dan manusia lainnya. Seorang isrti harus menjaga kehormatan dirinya dan suaminya. Jika suaminya tidak berada dirumah, maka ia wajib menjaga harta benda dan kehormatan suaminya. Tidak bepergian bila tidak mendapat izin dari suaminya. Jika hal ini dilakukan oleh seorang wanita muslimah, maka Allah SWT akan memberikan pahala yang besar dan surga akan ia dapatkan kelak.

Itulah beberapa Ciri dan Karakter Wanita Shalihah yang dapat saya tulis dalam artikel ini dan semoga bermanfaat bagi para pembaca semua. Berikan komentar anda guna memajukan karya tulis dan artikel saya. Terimakasih.

0 Response to "Ciri dan Karakter Wanita Shalihah"

Post a Comment