Keutamaan Wanita Shalihah

Keutamaan Wanita Shalihah


Keutamaan Wanita Shalihah menjadi salah satu syarat penting dalam mewujudkan suatu negara yang baik. Kenapa saya bilang sangat penting terhadap negara dan apa hubungannya? Karena seorang wanita adalah tiang negara, bila wanita itu baik, maka baiklah negara itu, tetapi bila wanita rusak akhlaknya, maka rusak pulalah negara itu. Hal ini sebagaimana diungkapkan oleh seorang ahli hikmah. Rasulullah saw bersabda yang artinya :

" Dunia adalah kenikmatan, dan sebaik-baik kenikmatan adalah wanita shalihah." ( H.R Muslim )

Pada postingan terdahulu sudah saya bahas tentang bagaimana kedudukan wanita dalam pandangan islam, dimana islam telah memberikan kedudukan yang mulia kepada para wanita pada kedudukan yang amat tinggi dan mulia. Tentu hal itu sangat jauh berbeda dibanding dengan kondisi wanita sebelum datangnya agama islam.
Keutamaan Wanita Shalihah

Meskipun demikian, tidak semua wanita akan mendapatkan kedudukan yang sedemikian tingginya didalam islam. Semuanya bergantung pada keadaan dan ketaatan masing-masing. Apabila seorang wanita taat pada perintah Allah SWT dan menjauhi segala larangan-NYA, serta menjaga kesucian dan kehormatan dirinya, maka dia akan mendapatkan kedudukan yang mulia dan terhormat disisi Allah SWT dan dimata manusia. Jika ia menjadi sorang ibu, maka ia akan menjadi ibu yang baik buat anak-anaknya, dan menjadi teladan bagi anak-anaknya. Tentu surga yang Allah janjikan berada dibawah kakinya disebabkan karena amal shalih yang telah diperbuatnya.

Begitu pentingnya kedudukan seorang wanita shalihah ini sehingga Rasulullah saw menyebutnya dengan ungkapan yang paling indah, yaitu sebaik-baik perhiasan dunia, tidak ada perhiasan yang paling indah didunia ini melebihi indahnya wanita shalihah. Rasulullah saw bersabda :

" Ada empat faktor kebahagiaan bagi seseorang, yaitu apabila ia memiliki istri yang shalihah, memiliki anak yang shalih, bergaul dengan orang-orang yang shalih dan memiliki sumber kehidupan dimana ia berada ( dalam negerinya )." ( H.R Ad Dailami )

Selain itu Allah SWT juga menyebutkan wanita shalihah dalam sebuah firman-NYA :

اَلرِّجَالُ قَوَّامُوۡنَ عَلَى النِّسَآءِ بِمَا فَضَّلَ اللّٰهُ بَعۡضَهُمۡ عَلٰى بَعۡضٍ وَّبِمَاۤ اَنۡفَقُوۡا مِنۡ اَمۡوَالِهِمۡ‌ ؕ فَالصّٰلِحٰتُ قٰنِتٰتٌ حٰفِظٰتٌ لِّلۡغَيۡبِ بِمَا حَفِظَ اللّٰهُ‌ ؕ وَالّٰتِىۡ تَخَافُوۡنَ نُشُوۡزَهُنَّ فَعِظُوۡهُنَّ وَاهۡجُرُوۡهُنَّ فِى الۡمَضَاجِعِ وَاضۡرِبُوۡهُنَّ‌ ۚ فَاِنۡ اَطَعۡنَكُمۡ فَلَا تَبۡغُوۡا عَلَيۡهِنَّ سَبِيۡلًا‌ ؕاِنَّ اللّٰهَ كَانَ عَلِيًّا كَبِيۡرًا‏

Artinya : "Kaum laki-laki itu adalah pemimpin bagi kaum wanita, oleh karena Allah telah melebihkan sebahagian mereka [laki-laki] atas sebahagian yang lain [wanita], dan karena mereka [laki-laki] telah menafkahkan sebagian dari harta mereka. Sebab itu maka wanita yang saleh, ialah yang ta’at kepada Allah lagi memelihara diri [1] ketika suaminya tidak ada, oleh karena Allah telah memelihara [mereka] [2]. Wanita-wanita yang kamu khawatirkan nusyuznya [3], maka nasehatilah mereka dan pisahkanlah mereka di tempat tidur mereka, dan pukullah mereka. Kemudian jika mereka menta’atimu, maka janganlah kamu mencari-cari jalan untuk menyusahkannya [4]. Sesungguhnya Allah Maha Tinggi lagi Maha Besar." ( Q.S An-Nisa : 34 )

Dengan demikian sudah jelas bahwa keutamaan wanita shalihah sangat penting dalam segala hal baik dalam rumah tangga maupun kehidupan sosial lainnya. Sungguh bahagialah seorang wanita yang telah memiliki predikat sebagai wanita shalihah, karena Allah SWT telah menjanjikan kepada mereka pahala yang besar dan surga yang mengalir dibawahnya sungai-sungai dan keridhaan Allah SWT.

Lalu seperti apa sih melihat dan mengetahui wanita shalihah itu? mungkin diantara kita sering dibingungkan dengan keadaan yang serba menipu. Banyak kita jumpai seorang wanita berbusana muslim dan tertutup auratnya, apakah itu bisa dikatakan sebagai wanita shalihah? Belum tentu seperti itu, bisa saja pakaian yang ia kenakan hanya sebagai kedok belaka namun sifat aslinya sangatlah jauh dari kata shalihah. Secara lahiriah, keberadaan wanita shalihah adalah selalu menjaga kesuciannya dengan busana yang rapi, menutup aurat, selalu menjaga pendangannya, serta selalu menjaga akhlak dan adabnya.

Jika dilihat dari segi pandang kedudukan sebagai seorang istri, maka keutamaan wanita shalihah ini sangat penting, ia akan menjadi istri yang selalu membantu suami berupa moril dan penyemangat dikala suami ditimpa musibah. Selalu taat pada suami dan menjaga kehormatan suaminya. Jika wanita shalihah itu seorang anak, maka ia akan menjadi anak yang selalu berbakti kepada kedua orang tuanya. Jika wanita shalihah itu seorang pemudi, maka ia akan menjadi pemudi yang berakhlak baik dan selalu menjadi kesucian dan kehormatannya.

Itulah betapa pentingnya Keutamaan Wanita Shalihah dalam segala aspek kehidupan. Tidak ada laki-laki muslim didunia ini yang tidak mendambakannya. Siapapun mereka pasti selalu mendambakan istri shalihah yang akan membuat hidup mereka bahagia baik didunia maupun akhirat.
Semoga bermanfaat.

0 Response to "Keutamaan Wanita Shalihah"

Post a Comment