Inilah Pandangan Islam Terhadap Kaum Wanita

Web-serda kali ini akan membahas masalah wawasan islam dengan tema Pandangan Islam Terhadap Kaum Wanita. Perlu kita ketahui bahwa sesungguhnya islam telah memberikan perhargaan dan penghormatan kepada kaum wanita dengan kedudukan yang tinggi dibandingkan dengan laki-laki. Islam telah memberikan kedudukan wanita dengan amat mulia dan luhur, mengangkat mereka dari lembah kehinaan dan sumber keburukan, dan menyelamatkan mereka dari kekejaman dan perlakuan keji manusia yang biadab. Masih ingatkah anda kisah dizaman Jahiliyyah, bahwa orang-orang kafir Quraisy yang suka menguburkan anak-anak perempuan dan menempatkan wanita dikedudukan yang paling rendah. Mereka menganggap bahwa setiap bayi perempuan yang lahir akan membawa kesialan, serta mereka selalu memperlakukan wanita sesuka hati mereka. Melihat hal tersebut, maka Allah SWT tidak tinggal diam dan menurunkan Nabi Muhammad SAW untuk memberikan dan menunjukkan kebenarannya. Islam datang membawa perubahan dan perlakuan yang baik. Terutama dalam menempatkan kaum wanita didalam kedudukan yang tinggi.

Pandangan Islam Terhadap Kaum Wanita

Islam datang dengan membawa rahmat bagi seluruh makhluknya, terutama bagi wanita yang merupakan makhluk Allah yang paling mulia. Wanita ditakdirkan menjadi seorang ibu bagi anak-anak mereka, dan Allah SWT telah mengabarkan bahwa syurga itu berada dibawah telapak kakinya. Kedudukan wanita didalam dunia ini sangatlah besar. Sebagai seorang istri, wanita harus diperlakukan dengan baik dan penuh kelembutan. Sebagai seorang anak perempuan, mereka harus didik dengan pendidikan yang baik dan benar, diasuh hingga ia menikah. Bahkan seorang ayah yang dapat mengasuh dan mendidik dua atau tiga orang anak perempuannya dengan baik dan sesuai dengan ajaran islam, akan mendapat jaminan syurga. Melihat betapa tingginya pahala yang dimiliki oleh seseorang yang dapat mendidik anak perempuan dengan sebaik-baiknya, maka Rasulullah SAW bersabda :

" Barang siapa yang diuji dengan anak-anak perempuan, lalu ia memperlakukannya dengan baik, maka kelak mereka akan menjadi dinding dari ( sengatan ) api neraka ". ( H.R. Muslim ).

Allah SWT juga memberikan kedudukan yang sama antara laki-laki dan perempuan dalam hal pahala dan kedudukan mereka disisi Allah. Sebagaimana Firman-NYA :

مَنۡ عَمِلَ صَـٰلِحً۬ا مِّن ذَڪَرٍ أَوۡ أُنثَىٰ وَهُوَ مُؤۡمِنٌ۬ فَلَنُحۡيِيَنَّهُ ۥ حَيَوٰةً۬ طَيِّبَةً۬‌ۖ وَلَنَجۡزِيَنَّهُمۡ أَجۡرَهُم بِأَحۡسَنِ مَا ڪَانُواْ يَعۡمَلُونَ 

Artinya : " Barangsiapa yang mengerjakan amal saleh, baik laki-laki maupun perempuan dalam keadaan beriman, maka sesungguhnya akan Kami berikan kepadanya kehidupan yang baik, dan sesungguhnya akan Kami beri balasan kepada mereka dengan pahala yang lebih baik dari apa yang telah mereka kerjakan. ". ( Q.S. An-Nahl : 97 ).

Allah SWT juga berfirman dalam surat Ali Imran : 195 


فَٱسۡتَجَابَ لَهُمۡ رَبُّهُمۡ أَنِّى لَآ أُضِيعُ عَمَلَ عَـٰمِلٍ۬ مِّنكُم مِّن ذَكَرٍ أَوۡ أُنثَىٰ‌ۖ بَعۡضُكُم مِّنۢ بَعۡضٍ۬‌ۖ فَٱلَّذِينَ هَاجَرُواْ وَأُخۡرِجُواْ مِن دِيَـٰرِهِمۡ وَأُوذُواْ فِى سَبِيلِى وَقَـٰتَلُواْ وَقُتِلُواْ لَأُكَفِّرَنَّ عَنۡہُمۡ سَيِّـَٔاتِہِمۡ وَلَأُدۡخِلَنَّهُمۡ جَنَّـٰتٍ۬ تَجۡرِى مِن تَحۡتِہَا ٱلۡأَنۡهَـٰرُ ثَوَابً۬ا مِّنۡ عِندِ ٱللَّهِ‌ۗ وَٱللَّهُ عِندَهُ ۥ حُسۡنُ ٱلثَّوَابِ

Artinya : " Maka Tuhan mereka memperkenalkan permohonannya ( dengan berfirman ) " Sesungguhnya Aku tidak akan menyia-nyiakan amalan orang-orang yang beramal diantara kamu, baik laki-laki atau perempuan, ( karena ) sebagian kamu adalah keturunan sebagaian yang lain. Maka orang-orang yang berhijrah, yang diusir dari kampung halamannya, yang disakiti pada jalan-Ku, yang berperang dan yang dibunuh, pastilah akan Ku-hapuskan kesalahan-kesalahan mereka dan pastilah Aku masukkan mereka ke dalam surga yang mengalir sungai-sungai di bawahnya sebagai pahala di sisi Allah. Dan Allah pada sisi-Nya pahala yang baik ". ( Q.S. Ali Imran : 195 ).

Dari beberapa ayat dan hadits diatas sudah sangat jelas sekali bahwa Pandangan Islam Terhadap kaum Wanita sangatlah bijaksana, islam menempatkan wanita pada kedudukan yang tinggi, dan bahkan menyamakan kedudukan antara laki-laki dengan perempuan dikedudukan yang sama dalam hal pahala dan disisi Allah SWT. Jadi jangan lagi ada diantara kita terutama kaum laki-laki yang menempatkan wanita pada kedudukan yang rendah. Seharusnya kita bersyukur dengan adanya wanita, tanpanya kita tidak akan ada didunia ini. 

Demikianlah sedikit uraian dan wawasan islam tentang Pandangan Islam Terhadap Kaum Wanita yang dapat saya sampaikan kepada sahabat-sabahat semua. Sekali lagi hargailah wanita sebagaimana kita menghargai dan menghormati ibu kita. Ingatlah bahwa Allah SWT selalu menempatkan wanita dengan kedudukan yang mulia, begitu juga agama islam yang sangat memposisikan wanita dengan kedudukan yang tinggi dibanding laki-laki.
Semoga bermanfaat.

0 Response to "Inilah Pandangan Islam Terhadap Kaum Wanita"

Post a Comment